Sabtu, 09 September 2017

Cara Transfer File Dari PC Ke PC Menggunakan Kabel LAN

Mengtransfer file merupakan hal yang sering dilakukan apabila ada sesuatu yang sangat penting untuk di bagikan kepada seseorang maupun untuk dirinya sendiri. ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mengirim file kita ke pc lain salah satu nya yaitu menggunakan kabel lan.

Mengirim data menggunakan kabel lan ini merupakan cara lama sebelum aplikasi modern berkembang seperti saat ini yaitu mengirim file menggunakan wifi dengan bantuan aplikasi shareit.

Tapi kita tidak boleh salah, cara transfer antar pc menggunakan lan ini masih di gunakan pada saat ini disebabkan ada kelebihan tertentu yaitu bisa menghubungkan atau mentransfer data ke banyak komputer, contoh nya seorang dosen ingin membagikan file tugas kepada murid nya, dosen ini bisa langsung mengirim file ke mahasiswa nya hanya dengan sekali klik saja yaitu dengan menyambungkan kabel lan dari laptop dosen ke semua mahasiswa. lantas bagaimana cara nya? bukannya kabel cuma bisa tersambung dua laptop ? bisa menggunakan switch.

Untuk jenis kabel usahakan beli yang ada tulisan cat5 atau cat6 karena kalau anda menggunakan kabel murahan kecepatan transfer nya lambat atau bisa saja sambungan koneksi nya putus nyambung. dan usahakan kabel nya agak keras.

Bagi kamu yang belum tau cara merakit kabel lan silahkan baca cara merakit kabel lan sendiri tanpa bantuan teknisi.

Transfer File Dari PC Ke PC 

Setelah anda mempunyai kabel lan, langkah pertama yang kita lakukan yaitu mencolokkan rj45 nya ke laptop/pc pengirim dan penerima. 





langkah selanjutnya . . .

Setting IP Komputer

Agar bisa terhubung kita harus menyeting ip dari komputer kita terlebih dahulu.  <
  • PC 1
Caranya yaitu klik kanan pada logo wifi anda yang berada pada kanan bawah >> kemudian klik open network and sharing center >> change adapter setting >> pada Ethernet klik kanan kemudian klik Properties >> pilih Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4) >> Properties >> select pada Use the following IP addres >> kemudian isi IP address dengan 192.168.10.1 dan subnet mask 255.255.255.0.
  • PC 2
Cara nya juga sama dengan settingan pada PC 1, hanya berbeda pada pengisian IP Address, isi IP nya dengan 192.168.10.2. angka 2 boleh di ganti dengan angka lain kecuali angka sebelumnya di karenakan itu merupakan identitas dari ip yang tersambung.

Setelah selesai lanjut ketahap selanjutnya

Setting Properties Folder Atau Disk Yang Akan Di Transfer

Tidak semua data kita bisa tampil saat kabel lan terhubung, anda perlu mengaturnya terlebih dahulu data mana yang anda izinkan untuk di share. caranya yaitu :

  1. Pilih file atau folder kemudian klik kanan properties. 
  2. Pada Tab Security klik edit. 
  3. Klik Add kemudian Klik Advanced. 
  4. Find Now, pilih everyone. kenapa everyone ? disini kita hanya memberikan akses hanya kepada user yang terhung pada kabel saja. kemudian oke. 
  5. Selanjutnya centang full control. 
  6. Pindah ke Tab Sharing. 
  7. Klik Share >> Pilih Everyone dan oke.


Lakukan pada kedua pc.

Langkah selanjutnya..

Setting Sharing Center 

Ini merupakan langkah terakhir, silahkan anda klik kanan logo wifi anda kembali, klik Open Network And Sharing Center >> Change Advanced Sharing Settings >> kemudian ikuti settingan berikut :






Lakukan pada kedua pc. Untuk mengirim data atau mengambil data dari komputer 2 atau komputer 1, ada buka windows explorer kemudian klik network akan tampil nama pc yang terhubung.

Sekian Cara Transfer File Dari PC Ke PC Menggunakan Kabel LAN, jika artikel ini bermanfaat, anda bisa mengshare artikel ini menggunakan media sosial kesayangan anda.
Disqus Comments