Senin, 28 Agustus 2017

Cara Menampilkan Data Dari Database MySQL Dalam Bentuk Tabel Di Pemograman PHP Dan HTML



Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat dan menampilkan sebuah database MySQL ke dalam web pemograman PHP dan HTML dalam bentuk tabel. kenapa harus dalam bentuk tabel ? supaya menampilkan kesan rapi, contoh nya saja jika kita menginput data yang banyak tanpa menggunakan tabel akan terlihat acak-acakan.

Sebelum kita lanjut, terlebih dahulu kita pastikan sudah mempunyai tools untuk membuat database ini, menggunakan Xampp dan Notepad++.

Xampp ini adalah tools yang mempackedkan Apache, MySQL, dan Filezilla dalam satu aplikasi. di sini kita membutuhkan Apache sebagai localhost, kita bisa menggunakan komputer yang kita gunakan sebagai host, artinya kita bisa mengedit script yang dibuat secara offline tanpa harus menggunakan hosting. contohnya dengan mengetikkan localhost/nama-folder/index.php di web browser. dan MySQL berfungsi sebagai databasenya.

Tools selanjutnya yaitu notepad++ di sini kita bisa menulis semua jenis pemograman dengan beberapa kelebihan dan kekurangannya.
Kemudian langkah selanjutnya...

Mengaktifkan MySQL Dan Apache Xampp

Pertama buka xampp yang telah sobat download, kemudian sobat startkan fungsi Apache dan MySQL nya. jika tidak bisa di start atau kembali ke bentuk semula itu tanda nya ada kesalahan pada xampp kalian, biasa nya port telah di gunakan  oleh aplikasi lain seperti visual basic dan lainnya. untuk mengatasinya kalian bisa baca cara mengatasi xampp yang tidak bisa di jalankan. jika aman saja kita lanjut ke tahan selanjutnya yaitu masuk ke myphp admin dengan cara membuka web browser dan ketikan perintah localhost/phpmyadmin/.

Membuat Database, Table Dan Fields Pada phpMyAdmin Xampp

Inilah tampilan homepage phpmyadmin, untuk membuat database kita klik new yang posisinya berada pada atas kanan kemudian isi nama database yang kita inginkan dan klik create. disini kita beri contoh "menampilkandatabase". ketentuan dalam coding tidak boleh menggunakan spasi, jika ingin membuat jarak gunakan underscore( _ ).

Database sudah di buat sekarang kita membuat tabel dan fields yang di butuhkan. caranya klik nama database "menampilkandatabase" kemudian akan terlihat tulisan create table, isikan dengan "Biodata" dan isi jumlah fields dengan angka 10 karena disini kita menggunakan 10 fields kemudian klik Go. isi kolom sesuaikan dengan gambar berikut :

Kemudian pilih menu insert yang posisinya berada di tengah atas, dan isi sesuai data yang ingin di tampilankan di web browser. jika sudah selesai Klik Browse yang posisinya di atas juga dan data yang di input tadi akan tampil.



Database telah selesai di buat sekarang kita membuat coding untuk menampilkan data yang ada pada database kita ini ke dalam web php dan html.

Menulis Coding Koneksi PHP Ke Database Di  Notepad++

Buka notepad++ dan tulisan beberapa baris koding berikut ini :
<?php
	$conn = mysql_connect("localhost","root","");
 if(! $conn )
   {
     die('Could not connect: ' . mysql_error());
   }
   	$db = mysql_select_db("menampilkandatabase");
	if(! $db )
   {
     die('Could not connect: ' . mysql_error());
   }
?>
<html>
<head>
<title>Biodata Diri</title>
<link rel="stylesheet" type="text/css" href="gaya.css"/>
</head>
<body>
	<h4>Biodata</h4>
<table class="zebra2" border="1">
	<tr>
		<th>NO</th>
		<th>ID</th>
		<th>NAMA</th>
		<th>NIM</th>
		<th>BERAT</th>
		<th>TINGGI</th>
		<th>EMAIL</th>
		<th>TANGGAL LAHIR</th>
		<th>TEMPAT LAHIR</th>
		<th>FOTO</th>
	</tr>
	<?php
	$queri=mysql_query("select * from biodata");
	$no=1;
	while($bio=mysql_fetch_array($queri))
	{
			echo "
		<tr>
			<td>$no</td>
			<td>$bio[id_bio]</td>
			<td>$bio[nama]</td>
			<td>$bio[nim]</td>
			<td>$bio[berat]</td>
			<td>$bio[tinggi]</td>
			<td>$bio[email]</td>
			<td>$bio[tgl_lahir]</td>
			<td>$bio[tmp_lahir]</td>
			<td> Upload </td>
		</tr>
			";
		$no=$no+1;
	}
	?>
	</table>
</body>
</html>

Penjelasan :

  • Pada baris kode pertama yaitu mengkoneksinya database nya dengan mode php yang di awali dengan struktur php yaitu <?php dan di akhiri dengan ?>.
  • $con merupakan variable yang bisa diganti sesuai selera.
  • mysql_connect adalah perintah untuk koneksinya yang di awali dengan localhost kemudian di ikuti username dan password xampp. jika tidak menggunakan password dikosongkan saja.
  • $queri=mysql_query("select * from biodata"); ini adalah query yang kita gunakan. Bahasa kita nya yaitu perintah select semua data yang ada pada tabel biodata.
  • $no=1; while($bio=mysql_fetch_array($queri)) merupakan proses looping, karena di sini kita menggunakan nomor jadi tidak perlu lagi menulis nomor secara manual.
  • class="zebra2", merupan class css yang digunakan. jika sobat ingin membuatnya silahkan baca artikel kita tentang mempercantik table html menggunakan CSS.

Kemudian simpan dengan nama "latihan1.php" , perlu di perhatikan simpanlah file anda di disk C:\xampp\htdocs\nama-folder-anda/latihan1.php. jika folder belum ada buat terlebih dahulu untuk mempermudah anda dalam mengakses nya. kenapa harus di dalam folder htdocs ?? sesuai dengan artinya yaitu hot document atau document penting. untuk mengaksesnya tinggal ketik localhost/folder-nama-anda/ dan tampilah hasil yang telah sobat buat tadi.



Sekian Cara Menampilkan Data Dari Database MySQL Dalam Bentuk Tabel Di Pemograman PHP Dan HTML, jika ada yang kurang paham mohon di pertanyakan di kolom komentar, saya akan merespon komentar anda. terimakasih.
Disqus Comments